Lomba Gerak Jalan Jadi Wujud Cinta RI

Anggota Karang Taruna dan Kepala Desa berfoto di depan kantor Kecamatan Kalitengah (dok/nk)

Kalitengah - Tahun ini Republik Indonesia (RI) merayakan HUT yang ke-72. Semua elemen masyarakat gegap gempita menyambut perayaannya. Begitu juga yang ditunjukkan oleh para pemuda-pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Bangsa Desa Kediren. 

Hari ini (16/08/2017) mereka merefleksikan kecintaannya kepada RI melalui semangat dalam lomba gerak jalan se-Kecamatan Kalitengah, Lamongan. Terik matahari tak sedikit pun menghalangi mereka menyelesaikan perlombaan hingga garis finish

Gerak jalan ini merupakan lomba Agustusan rutin yang diselenggarakan oleh pemerintah Kecamatan Kalitengah. Setiap tahun masing-masing desa selalu turut berpartisipasi dengan mendelegasikan satu kontingen dari desanya.

Sejatinya perlombaan gerak jalan ini bukanlah hal yang baru bagi Karang Taruna Tunas Bangsa selaku kontingen Desa Kediren. Sudah setiap tahun mereka turut ambil bagian dalam perlombaan. Bahkan, 2 tahun yang lalu tepatnya 2015 Karang Taruna Tunas Bangsa berhasil meraih gelar juara kedua lomba gerak jalan se-Kecamatan Kalitengah ini.

Anggota Karang Taruna Tunas Bangsa tetap semangat juara (dok/nk) 

Namun, pada tahun ini para anggota Karang Taruna Tunas Bangsa tidak menargetkan juara, melainkan cukup berpartisipasi maksimal dan dapat menghibur masyarakat sekitar. Minimnya persiapan menjadi alasan utamanya.

"Iki latihane mek rong bengi tok. Pokoke mugo-mugo iso kompak," ujar Niko, ketua Karang Taruna Tunas Bangsa. Saat ini sebagian anggota karang taruna memang sedang bekerja dan berkuliah di luar kota. Sehingga persiapan dengan anggota lengkap hanya bisa dilakukan di sela-sela hari libur. "Alhamdulillah, wingi iso latihan bareng kabeh," sambungnya.

Peserta perlombaan gerak jalan ini selalu mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa KedirenDrs. Sudja'i, baik secara moral maupun material. Seperti diberikan kostum yang dipakai oleh anggota Karang Taruna Tunas Bangsa, konsumsi selama latihan, serta dukungan pada saat dan setelah perlombaan.

Sebelum perlombaan dimulaiDrs. Sudja'i menyampaikan terima kasih kepada para anggota Karang Taruna Tunas Bangsa yang telah mewakili Desa KedirenBeliau juga berharap agar pada tahun-tahun berikutnya mereka dapat mengikuti perlombaan gerak jalan ini dengan persiapan yang lebih baik dan lebih matang

"Ini adalah salah satu wujud kecintaan kita kepada Indonesia," pungkasnya. Merdeka! Merdeka! Merdeka! [nk/bas]
 
Kontributor Niko Predi / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama