Semarak Kirab Maulid Nabi 1441 H di PAUD dan SDN Kediren

Siswa PAUD-TK Nusa Indah dan SDN Kediren berkeliling desa dalam acara Kirab Maulid (dok/snt)

Kediren - Nabi Muhammad adalah figur terbaik yang harus diteladani. Kelahirannya disambut dengan suka cita dan khidmah. Oleh karenanya, d
alam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1441 H tahun ini, PAUD-TK Nusa Indah dan SDN Kediren bahu-membahu menyambutnya dengan cara yang meriah.

Sabtu (16/11/2019) para siswa-siswi PAUD-TK Nusa Indah dan SDN Kediren berkumpul memenuhi halaman sekolah dalam acara Kirab Maulid Nabi 1441 H. Mereka kompak mengenakan busana yang dominan berwarna putih, didampingi para wali murid, komite sekolah, serta para guru.

Tak ketinggalan, turut hadir pula grup drumband ESDE Musica Drumband.Grup drumband yang berisikan siswa kelas 3 sampa 6 SDN Kediren ini merupakan grup drumband pertama di Desa Kediren. Bahkan, baru terbentuk 3 minggu sebelum kirab maulid ini diselenggarakan.

Sekitar pukul 7 pagi, Drs. Sudja'i, Kepala Desa Kediren membuka acara kirab dengan upacara potong tumpeng, dilanjutkan dengan proses pemotongan pita dan dan pelepasan balon-balon gas seraya mengumandangkan bacaan shalawat Nabi. Selanjutnya peserta kirab maulid diberangkatkan berkeliling desa bersama grup drumband ESDE Musica Drumband.

Meskipun baru berlatih selama 3 minggu, namun ternyata grup drumband ini sudah cukup menguasai notasi musik yang dimainkan. Terdengar ada 3 lagu familiar yang dimainkan oleh ESDE Musica Drumband, yaitu Gambang SulingGundul Gundul Pacul, dan Ummi (Hadad Alwi & Sulis). "Latihannya (dimulai) sekitar tiga minggu yang lalu. Saya ingat mulai tanggal 28 Oktober," kata Azizah, guru SDN Kediren.

Usai berkeling desa dari satu gang ke gang berikutnya, para peserta kirab kembali berkumpul ke halaman sekolah. Kegiatan memasuki acara inti peringatan maulid Nabi, berupa sambutan beberapa pihak, pentas seni, dan pengundian hadiah. 

Kepada Desa Kediren memberikan sabutan dalam acara Kirab Maulid Nabi 1441 H (dok/snt)

Secara berturut-turut sambutan disampaikan oleh ketua komite SDN Kediren, Kepala PAUD-TK Nusa Indah, Kepala SDN Kediren, dan terakhir sambutan oleh Kepala Desa Kediren, Drs. Sudja'i. Dalam sambutannya, Drs. Sudja'i memberikan apresiasi dan berpesan kepada siswa SDN Kediren agar tetap semangat belajar, tidak malas berlatih, serta selalu meneladani Nabi Muhammad SAW.

"Nabi Muhammad SAW diturunkan sebagai rahmat bagi seluruh alam. Kecintaan kita terhadap kelahiran Nabi Muhammad harus mampu dibuktikan dengan sikap sehari-hari, seperti memiliki sifat suka menolong antar sesama dan mampu bersikap adil," ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pentas seni siswa-siswi PAUD-TK dan SDN, penampilan musik oleh ESDE Musica Drumband, dan pengundian hadiah. Beberapa hadiah menarik yang dibagikan antara lain kipas angin, rice cooker, kompor gas, dan door prize berupa sepeda gunung. 

Semua kegiatan berlangsung meriah dan mengundang decak kagum dari banyak orang. "Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak, acara ini bisa sukses. Termasuk juga ibu-ibu wali murid, yang menyiapkan konsumsi untuk acara," kata Santi, guru PAUD Nusa Indah. [snt/bas]
 
Kontributor Santi Yuliana / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama