Ikhtiar Melawan Corona dengan Semprot Disinfektan

Kepala Desa Kediren bersama elemen masyarakat melalukan persiapan penyemprotan disinfektan (dok/hd)

Kediren - Virus Corona atau Covid-19 masuk Indonesia pada awal tahun ini. Virus ini tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, namun juga dikhawatirkan memengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat. Tentu saja, kekhawatiran yang paling besar adalah penurunan perekonomian masyarakat.

Berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan daerah untuk menangkal dan memerangi virus ini. Salah satunya adalah melalui penyemprotan disinfektan sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kediren pada Jumat (03/04/2020).

Pemerintah Desa Kediren bersama dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa, petugas Puskesmas Kalitengah, dan para relawan telah melakukan penyemprotan disinfektan ke bererapa tempat dan fasilitas umum. Antara lain balai desamasjid, mushalla, sekolah, dan seluruh rumah warga di Desa Kediren.

"Ini merupakan upaya dan ikhtiar untuk memerangi virus Corona agar tidak masuk ke Desa Kediren," kata Drs. Sudja'i, Kepala Desa Kediren. "Kita juga sudah menghimbau kepada warga untuk sementara tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat orang berkerumun," sambungnya.

Pemerintah Desa Kediren juga membagikan hand sanitizer dan masker ke setiap rumah warga. Selain itudi pintu masuk Desa Kediren juga dibangun pos penyemprotan disinfektan. Berlokasi di depan balai desa. Tujuannya, agar warga dan masyarakat luar yang masuk ke Desa Kediren dalam kondisi steril, tidak membawa virus dari luar.

Pos penyemprotan disinfektan ini dijaga selama 24 jam secara bergilir. Terbagi menjadi 4 shift, di mana masing-masing shift berdurasi 6 jam dengan 2 orang penjaga. Warga secara bergantian menjaga pos ini berdasarkan urutan RT masing-masing. "Bukan Pemdes saja yang harus memerangi virus Corona ini, tetapi tugas kita semua," ungkapnya.

Drs. Sudja'i menghimbau kepada seluruh warga Desa Kediren agar selalu menjaga kesehatan, memperhatikan kebersihan lingkungan, serta selalu mencuci tangan dengan sabun. Sehingga, melalui ikhtiar tesebut, diharapkan semua warga Desa Kediren aman dan terhindar dari virus Corona. Amiin../hd/bas

Kontributor Nur Huda / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama