Pembangian BLT Dana Desa untuk Ringankan Warga

Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa bersama Sekretaris Desa dan Babinsa (dok/hd)

Kediren - Hari ini (03/12/2020) sebagian warga Desa Kediren terlihat berdatangan ke balai desa. Mereka adalah perwakilan keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Tampak telah hadir pula di lokasi Sekretaris Desa, para perangkat desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa.

Sesuai jadwal, hari ini merupakan pembagian BLT Dana Desa tahap ke-4, ke-5, dan ke-6 kepada keluarga penerima manfaat. Masing-masing tahap bernilai Rp. 300.000,- atau total sebesar Rp. 900.000,- untuk ketiga tahap yang dirapel pembagiannya pada hari ini.

Rumadi, S.H., Sekretaris Desa Kediren, menyampaikan bahwa data penerima manfaat BLT Dana Desa sudah sesuai dengan Musyawarah Desa (Musdes) dan telah dicek ke lapangan. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih serta transparan pembagiannya. Selain itu, bantuan ini merupakan hak masyarakat yang sudah diatur oleh pemerintah akibat dampak penyebaran Covid-19.

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 156/PMK.07/2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Keuangan No. 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa mengatur perpanjangan masa pembagian BLT Dana Desa dari semula 6 bulan menjadi 9 bulan.

Dalam PMK tersebut dijelaskan, sebagaiamana tertuang pada Pasal 32A ayat (5), bahwa besaran BLT Dana Desa ditetapkan berdasarkan dua termin. Pertama, sebesar Rp. 600.000,- untuk bulan pertama sampai bulan ke-3 per keluarga penerima manfaat. Kedua, sebesar Rp. 300.000,- untuk bulan ke-4 sampai bulan ke-9 per keluarga penerima manfaat.

"Alhamdulillah, pada hari ini Pemerintah Desa Kediren kembali membagikan BLT Dana Desa tahap 4, 5, dan 6 dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah," ungkap Rumadi, S.H. "Semoga ini bisa mengurangi beban warga Desa Kediren akibat wabah pandemi Covid-19," lanjutnya./hd/bas

Kontributor Nur Huda / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama