Puluhan Petani Ikut Gerakan Massal Pengendalian Tikus

Proses pengendalian hama tikus dengan metode pengumpanan (dok/krt)

Kediren - Menjelang musin tanam tahun 2022 tiba, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Mulyo Desa Kediren bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Kalitengah mengadakan gerakan pengendalian tikus secara masal.

Jumat (10/12/2021) para anggota Gapoktan berkumpul di balai desa sebelum gerakan pengendalian tikus dimulai. Kegiatan ini dihadiri pula oleh dihadiri Sekdin TPHP Lamongan, Koordinator POPT Lamongan, Camat Kalitengah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa Kediren dan perangkat, serta penyuluh BPP Kalitengah. 

Para petani dan stakeholder berfoto bersama sebelum kegiatan dimulai (dok/krt)
 
Eko Mudjo Widodo, S.P., M.M. selaku Sekdin TPHP Kabupaten Lamongan mengapresiasi kegiatan gerakan pengendalian hama tikus di Desa Kediren. "Kegiatan ini merupakan upaya pengamanan produksi pertanian, dan ini harus dilaksanakan secara kontinyu," ujarnya.

Para petani dibantu anggota Babinsa mencampurkan pengumpan hama tikus (dok/krt)

Gerakan pengendalian hama tikus diawali dengan pencampuran beras dari petani dengan rodentisida, yang kemudian dibagikan lagi kepada petani untuk dilakukan pengumpanan di lahan miliknya. Agar hasilnya efektif, pengumpanan harus dilakukan secara massal. 

"Pengendalian hama tikus tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri, tapi harus serentak bersama-sama," kata Eko Mudjo Widodo. "Semoga ikhtiar kita dalam mengendalikan hama tikus ini berhasil, dan bisa aman sampai panen," pungkasnya. [krt/bas]

Kontributor Kartono Sugihwaras
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama