Finalisasi Proses Pembangunan Gapura Utama Desa Kediren

Proses pemasangan tulisan Desa Kediren di bagian depan gapura (dok/hd)

 

Kediren - Gapura menjadi salah satu sarana penting yang diperlukan di sebuah wilayah. Gapura bukan hanya bangunan fisik, namun juga memiliki fungsi sebagai pintu gerbang dan tanda batas sebuah wilayah. Bangunan ini merupakan wujud keramahan dan ungkapan selamat datang kepada tamu yang akan berkunjung ke wilayah tersebut.

Menyadari pentingnya fungsi keberadaan garupa, Pemerintah Desa Kediren saat ini sedang melakukan pembangunan gapura utama Desa Kediren. Gapura tersebut dimaksudkan sebagai pintu gerbang utama masuk ke Desa Kediren serta tetenger desa yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Proses pemasangan tulisan Wassalamu Alaikum di bagian belakang gapura (dok/hd)

 

Gapura dibangun secara swakelola oleh masyarakat dengan menggunakan dana desa yang bersumber dari Bantuan Khusus Pemerintah Desa (BKPD). Pembangunannya ditargetkan selesai sebelum bulan Ramadhan tiba. "Iki wes kate mari, kari kurang masang tulisan tok," kata Sutopo, salah satu pekerja di lokasi pembangunan.

Sebagai penanda, pada bagian atas gapura ditambahkan tulisan Desa Kediren di sisi depan dan Wassalamu Alaikum di sisi belakang. Proses pemasangannya dipercayakan kepada Hoed's Percetakan & Sablon Kalitengah, karena sudah terbukti kualitasnya selama bertahun-tahun.

Minggu (27/02/2022) dilakukan pemasangan tulisan di bagian atas gapura. Huda Mushollin selaku pimpinan Hoed's Percetakan & Sablon tampak hadir di lokasi mengawasi anak buahnya bekerja. Huda menyampaikan, order yang diberikan oleh Pemerintah Desa Kediren merupakan amanah yang harus dijaga. Oleh karenanya, dia melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya agar tercipta hasil yang maksimal.

Tulisan Desa Kediren tampak menyala merah yang semakin menambah nilai estetis pada gapura (dok/hd)

Penanda tulisan yang dipasang merupakan huruf timbul akrilik dengan lampu LED yang akan menyala merah di malam hari. Selain sebagai penanda masuk desa, rangkaian huruf tersebut juga memberikan nilai estetis pada gapura Desa Kediren. "Wahh, mantep. Joss pokok e," kata Widodo, salah satu warga yang melintas di lokasi. [hd/bas]

Kontributor Moh. Nur Huda / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama