Mewujudkan Desa Mandiri Sampah Bersama D4 Program Vokasi Unesa

Para mahasiswa D4 Vokasi Unesa berfoto bersama dosen pendamping, Kepala Desa Kediren, dan Sekcam Kalitengah (dok/hd)

Kediren - Sampah merupakan residu yang dihasilkan oleh manusia setelah melakukan berbagai aktivitas, baik konsumtif maupun produktif. Residu ini jika tidak dikelola  dengan baik
, akan berdampak pada penurunan kualitas lingkungan. Permasalahan ini tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan, namun dapat terjadi pula di wilayah pedesaan.

Oleh karena itu, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) D4 Administrasi Negara Program Vokasi hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah yang benar, pemilahan sampah organik dan anorganik, serta pendirian Bank Sampah.

Pada Senin (15/08/2022) tim P2MD Unesa melakukan pembukaan rangkaian kegiatan di Desa Kediren dengan tema Implementasi Hexa Helix Strategy dalam Pemberdayaan Warga Desa Kediren Kabupaten Lamongan Untuk Mewujudkan Zero Waste dan Desa Mandiri Sampah. Acara tersebut bertujuan menjadikan Desa Kediren sebagai desa binaan kampus.

Acara pembukaan P2MD dihadiri oleh tim P2MD Unesa yang berjumlah 10 mahasiswa, 5 orang volunteerDr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. (dosen pendamping), Drs. Sudja'i (Kepala Desa Kediren), para perangkat desa, serta Sucipto, S.E., M.M. selaku Sekretaris Kecamatan Kalitengah.

Pada sesi pemaparan materi, dijelaskan terkait masalah sampah di Indonesia, jenis sampah organik dan anorganik, perencanaan pembangunan TPS 3R, dan Bank Sampah. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dan diakhiri penyerahan tim P2MD 2022 oleh Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP., M.AP. selaku dosen pendamping kepada Drs. Sudja'i selaku Kepala Desa Kediren.

Drs. Sudja'i berharap, kehadiran mahasiswa-mahasiswi P2MD Administrasi Negara Program Vokasi Unesa ini dapat merubah gaya hidup warga Desa Kediren dalam mengolah sampah dan dapat menjadikan Desa Kediren sebagai contoh yang baik bagi masyarakat luar. [hd/bas]
 
Sumber Unesa News
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama