Serunya Kegiatan Prasiaga TK Nusa Indah Kediren

Siswa-siswi TK Nusa Indah melalukan upacara dan hormat kepada bendera Merah Putih saat kegiatan prasiaga (dok/snt)

Kediren - Prasiaga merupakan konsep pendidikan berdasarkan nilai-nilai kepramukaan yang berfungsi untuk membentuk karakter dan kepribadian anak usia dini (3-7 tahun). Tujuannya, untuk membangun kepribadian anak-anak melalui pengembangan karakter fisik, kecakapan, dan kemampuan berbuat kebaikan, guna menjadi warga negara Indonesia yang tangguh.

Pengenalan prasiaga pada anak usia dini merupakan upaya pendidikan karakter melalui model pembelajaran yang ditujukan untuk memenuhi delapan kecerdasan anak usia dini, yakni kecerdasan visual, verbal, logis (menghitung), jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalistik.

Menyadari pentingnya pengembangan dan pendidikan karakter pada anak usia dini, PAUD-TK Nusa Indah Kediren secara rutin mengadakan kegiatan prasiaga kepada anak didiknya. Sabtu (03/09/2022) siswa-siswi TK Nusa Indah kelas B mengikuti kegiatan prasiaga yang digelar di lapangan volly dan futsal Desa Kediren.

Siswa-siswi TK Nusa Indah makan bersama saat kegiatan prasiaga (dok/snt)

Disampaikan oleh Santi, guru PAUD-TK Nusa Indah, susunan kegiatan prasiaga untuk siswa-siswi TK kali ini adalah belajar upacara pembukaan, hormat kepada bendera Merah Putih, tepuk pramuka, dan bermain game yang berfungsi merangsang perkembangan motorik serta perkembangan kognitif pada anak. Kegiatan kemudian ditutup dengan acara makan-makan bersama.

Dengan mengusung tema jelajah alam, anak-anak diajak berjalan kaki melewati pematang sawah sejauh sekitar 1 km. Selain berfungsi untuk mengembangkan kekuatan fisik, anak-anak juga dilatih kerja sama dan kemampuan berbuat baik kepada teman-temannya.

Siswa-siswi TK Nusa Indah melakukan jelajah alam saat kegiatan prasiaga (dok/snt)

"Alhamdulillah, kegiatan jelajah alam pagi ini sukses," kata Santi. Dia menambahkan, melalui kegiatan prasiaga bertema jelajah alam ini, diharapkan dapat merangsang anak-anak menjadi pribadi yang kuat dan tangguh kelak. [snt/bas]

Kontributor Santi Yuliana / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama