Festivas Kreasi Olahan Sampah Bersama D4 Program Vokasi Unesa

Mahasiswa melakukan peragaan busana dengan kombinasi kreasi olahan sampah (dok/nk)

 

Kediren - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) D4 Administrasi Negara Program Vokasi telah bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kediren dalam program pengelolaan sampah. Program yang dimulai sejak Agustus 2022 tersebut berakhir pada November 2022.

Jumat (18/11/2022) D4 Program Vokasi Unesa menutup program pengelolaan sampah bersama Pemerintah Desa Kediren dengan menggelar festivas kreasi olahan sampah dengan tema Mewujudkan Zero Waste dalam Pengelohan Sampah Menjadi Hasta Karya.

Festival ini merupakan puncak dari lima program yang telah dirancang yakni Bank Sampah, Tempat Pengolahan Sampah - Reduce Reuse Recycle (TPS-3R), pelatihan kerajinan, pelatihan kompos, dan festival kreasi olahan sampah. Kegiatan yang dilaksanakan di balai Desa Kediren ini dihadiri oleh  para perangkat desa, pengelola bank sampah, Karang Taruna Tunas Bangsa, dan seluruh warga.

Kegiatan festival terdiri dari fashion show accessories dan fashion show costume dari sampah. Terdapat lebih dari 30 jenis kerajinan hasil kreasi olahan sampah warga Desa Kediren yang dipamerkan, seperti tas dari limbah kemasan plastik, furniture, dompet, tempat air minum gelas, hanger untuk kerudung, aksesoris, dan baju dari olahan sampah inorganic.

Berbagai jenis kreasi olahan sampah kreasi olahan sampah yang dipamerkan (dok/nk)

Berbagai kreasi olahan sampah tersebut dinilai langsung oleh Dr. Haryo Kunto Wibisono, S.AP,. M.AP. selaku dosen pendamping dan Arzetya Fitri Al-Karimah selaku ketua Youth Public Inovation Research (YPIR). Terdapat 4 kategori juara yang diperebutkan yaitu best costume, best accessories, best kerajinan, dan nasabah teraktif bank sampah.

Setelah proses penjurian yang panjang, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara kreasi olahan sampah dan pengundian doorprize yang diselingi penampilan akustik oleh Karang Taruna Tunas Bangsa Desa Kediren, sehingga memotivasi para warga dalam memeriahkan acara.

Mahasiswa D4 Program Vokasi Unesa berfoto bersama Sekretaris Desa Kediren (dok/nk)

Festival ini diharapkan dapat memantik semangat warga Desa Kediren untuk terus melanjutkan pengolahan sampah desa menjadi hasta karya dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memasarkan produk olahan tersebut. Selain dapat mengelola sampah dengan baik, juga diharapkan dapat memberikan nilai ekonomi kepada warga Desa Kediren. [nk/bas]

Sumber Unesa News
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama