Tes Kenaikan Jilid Santri TPQ Baitus Salam Kediren

Para santri TPQ Baitus Salam mengikuti tes evaluasi Program Sorogan Al-Quran pada tingkat lanjutan (dok/tpq)

Kediren - Membimbing anak belajar membaca Al-Quran atau mengaji pada usia dini merupakan pilihan waktu yang tepat. Daya serap otak anak yang masih sangat tinggi memungkinkan anak belajar mengaji dengan mudah. Berbagai metode bisa dilakukan untuk memberikan bimbingan yang maksimal kepada anak.

Hal serupa juga dilakukan oleh TPQ Baitus Salam Kediren. Untuk memaksimalkan pengajaran secara sistematis kepada para murid (santri), TPQ Baitus Salam menggunakan metode pembelajaran An-Nahdliyah. Ini merupakan metode pembelajaran Al-Quran yang ditekankan pada kesesuaian dan keteraturan bacaan dengan menggunakan ketukan.

Metode An-Nahdliyah memiliki dua pokok pengelolaan pengajaran dengan tahap evaluasi yang dilakukan secara periodik. Pertama, Program Buku Paket (PBP) yaitu program pengajaran awal yang terdiri atas enam jilid yang ditempuh oleh para santri kurang lebih selama 6 bulan.

Kemudian, Program Sorogan Al-Quran (PSQ) yang merupakan program lanjutan sebagai aplikasi praktis untuk membimbing santri mampu membaca Al-Quran sampai khatam 30 juz. Untuk menyelesaikan PSQ, para santri memerlukan waktu belajar sekitar 24 bulan.

Para santri TPQ Baitus Salam mengikuti tes evaluasi Program Buku Paket untuk kenaikan jilid (dok/tpq)

Selasa (28/02/2023) para santri TPQ Baitus Salam mengikuti tes evaluasi PBP dan PSQ. Evaluasi dilakukan langsung oleh para ustadz dari Mabin An-Nahdliyah Langitan, Tuban. Tujuannya untuk menilai kecakapan santri dalam membaca Al-Quran serta menentukan kelayakannya naik ke tingkat selanjutnya.

Selain kecakapan dalam membaca Al-Quran, para santri juga juga diharuskan mengikuti tes praktik gerakan dan bacaan shalat sebagai syarat kenaikan tingkat. Dengan dievalusi oleh para ustadz dan ustadzah internal TPQ Baitus Salam, tes ini dimaksudkan agar para santri dapat mempraktikkan gerakan dan bacaan shalat secara benar dan berurutan.

Para santri TPQ Baitus Salam mengikuti tes praktik gerakan dan bacaan shalat sebagai syarat kenaikan tingkat (dok/tpq)

Tes evaluasi kenaikan tingkat PBP dan PSQ bukanlah sesuatu yang sulit bagi para santri. Mengingat materi yang diujikan merupakan pengulangan dari materi yang dipelajari oleh para santri setiap harinya. Termasuk yang dirasakan oleh Adilla, santri jilid 6 PBP. "Tes e gampil (gampang -red). Aku wes mari tes jilid," katanya bangga.

Pendidikan Al-Quran bagi anak menjadikan mereka mampu membaca Al-Quran dengan baik sejak dini serta memperoleh pengetahuan keagamaan untuk menjadi muslim sejati. Selain bermanfaat untuk kehidupannya kelak di dunia, membaca Al-Quran dan memahami tafsirnya juga sangat dibutuhkan sebagai bekal di akhirat. [str/bas]

Kontributor Siti Rokhimah / Bassorich
Editor Tim Redaksi
Lebih baru Lebih lama