Fasilitas & Infrastruktur

Balai Desa Kediren dalam proses finishing renovasi (dok/hd)

Fasilitas desa merupakan sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemerintah desa untuk warganya. Fasilitas tersebut biasanya digunakan untuk kepentingan bersama dalam kehidupan sehari-hari. Mayoritas warga Desa Kediren yang berprofesi sebagai petani dan wiraswasta, menjadikan pembangunan fasilitas lebih difokuskan pada aspek infrastruktur yang memiliki peran yang sangat vital. Salah satunya adalah jalan desa. 

Jalan pemukiman di Desa Kediren telah dilakukan pengaspalan (dok/bas)
 

Sejak tahun 2010 pembangunan jalan di Desa Kediren dilakukan dengan begitu cepat.  Beberapa ruas jalan telah dibangun, baik dengan cara pengecoran ataupun pengaspalan. Di bawah pimpinan Drs. Sudja'i, Desa Kediren telah berhasil membangun jalan poros desa, pengecoran tanjakan tangkis, jalan lingkungan desa, dan pelebaran jalan masuk desa.

Jalan antar-RT di Desa Kediren tak becek lagi saat musim penghujan (dok/bas)

Selain jalan desa yang memang sangat vital peruntukannya, terdapat beberapa fasilitas dan infrastruktur penting lainnya yang terdapat di Desa Kediren, yaitu fasilitas-fasilitas yang dikelompokkan sebagai berikut: 

Fasilitas Umum
Berikut adalah beberapa fasilitas atau infrastrukur umum yang telah dibangun dan dibenahi di Desa Kediren.
  1. Balai desa, berada sebelum gapura masuk Desa Kediren bagian dalam.
  2. Rumah bidan desa, berada di samping balai desa.
  3. Saluran irigasi.
  4. Pompa air untuk irigasi dari Bengawan Solo, dikelola oleh perorangan dengan sistem lelang secara periodik.
  5. Saluran PAM, dikelola oleh BUMDes.
  6. Lapangan sepak bola, berada sebelum pintu masuk Desa Kediren sebelah barat. Selain itu, terdapat juga lapangan sepak bolak milik SDN Kediren.
  7. Lapangan futsal dan volly, berada di samping lapangan sepak bola sebelah barat.
Lapangan futsal dan volly di Desa Kediren dalam proses peremajaan (dok/hd) 

 
Fasilitas Pendidikan Formal
Desa Kediren memiliki fasilitas pendidikan tingkat dasar mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan pra-sekolah, hingga pendidikan sekolah dasar, yaitu sebagai berikut:
  1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) - a) PAUD Al-Amal, berada di bawah Yayasan Al-Amal Kediren, dan b) PAUD Nusa Indah, berada di bawah naungan TK Nusa Indah.
  2. Pendidikan Pra-sekolah - a) RA (Raudhatul Athfal) Al-Amal, berada di bawah Yayasan Al-Amal Kediren, dan b) TK Nusa Indah, berada di bawah naungan TK Nusa Indah.
  3. Pendidikan Sekolah Dasar - a) MI Al-Amal, berada di bawah Yayasan Al-Amal Kediren, dan b) SD Negeri Kediren, berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan.

Fasilitas Pendidikan Keagamaan
Selain fasilitas pendidikan formal, Desa Kediren juga memiliki fasilitas pendidikan non-formal (keagamaan) sebagai berikut:
  1. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQBaitus Salam, berada di area masjid Baitus Salam Kediren. Lembaga ini berafiliasi dan berada di bawah naungan Mabin An Nahdliyah Langitan, Tuban.   
  2. Madrasah Diniyyah Al-Amal, dikelolah oleh Yayasan Al-Amal Kediren.
  3. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) bagi Lansia Laa Syaiba, yang diasuh oleh Bpk. Nur Huda bersama swadaya masyarakat. Pendidikan ini merupakan terobosan yang memfasilitasi warga lanjut usia (lansia) di Desa Kediren untuk mampu membaca Al-Quran. 

Fasilitas Keagamaan
Sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat dalam beribadah, Desa Kediren telah memiliki fasilitas keagamaan/beribadah sebagai berikut.
  1. Masjid Baitus Salam, berada di lingkungan RT 01/01 yang dikelola oleh Pemerintah Desa beserta takmir masjid.
  2. Musholla Al-Ikhlas, berada di lingkungan RT 04/01 lajur jalan 2 yang dikelola Bpk. Moh. Ahyat beserta swadaya masyarakat sekitar.
  3. Musholla Al-Ikhlas, berada di lingkungan RT 04/01 lajur jalan 3 yang dikelola Bpk. Sumarno beserta swadaya masyarakat sekitar.
  4. Musholla Al-Amal, berada di lingkungan RT 02/02 yang dikelola Bpk. Bakar, S.Pd. beserta swadaya masyarakat sekitar. Musholla ini berada di area MI Al-Amal, namun tetap diperuntukkan bagi masyarakat umum. /bas