Kegiatan Sosial Kemasyarakatan

Manusia di lingkungan sosial pada hakekatnya senantiasa melakukan perannya masing-masing. Peran tersebut tentu saja sesuai dengan kemauan dan kemampuan yang dimiliki. Seseorang yang memilih arti peran di lingkungan dapat ikut serta dalam kegiatan sosial.

Anggota Karang Taruna Tunas Bangsa berpartisipasi dalam lomba Agustusan tingkat kecamatan (dok/nk)

Kegiatan sosial biasanya akan senantiasa melibatkan banyak orang dan bukan untuk kepentingan pribadi. Dengan melakukan kegiatan sosial, seseorang dapat memiliki sikap tolong menolong dan bermanfaat secara nyata dengan mengikuti kegiatan sosial.

Beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan yang melibatkan warga Desa Kediren, yaitu sebagai berikut:

1. Kerja bakti
Kegiatan kerja bakti yang biasa dilakukan oleh warga Desa Kediren, antara lain membersihkan lingkungan balai desa, pengerukan sedimen irigasi desa, pembersihan area pemakaman umum desa yang diadakan sebelum bulan puasa dan kegiatan sedekah bumi (dekahan).

2. Penyuluhan pertanian
Kegiatan ini dilakukan sebelum masa taman tiba. Materi biasanya diberikan oleh penyuluh BPP Kecamatan Kalitengah dan/atau Pengurus Gapoktan Sumer Mulyo Kediren, dan diikuti oleh mayoritas petani.

3. Perayaan kemerdekaan RI
Perayaan yang disebut Agustusan ini disambut dengan gegap gempita oleh warga Desa Kediren setiap tahun. Tiap-tiap elemen masyarakat berpartisipasi untuk memperingatinya. Mulai dari orang dewasa, para pemuda, hingga anak-anak usia dini.
 
4. Jam'iyahan
Kegiatan ini termasuk dalam pembinaan keagamaan. Kegiatan jam'iyahan di Desa Kediren terbagi menjadi 4 kategori. Pertama, Jamiyah Tahlil Anak dilaksanakan setiap Sabtu malam, 2) Jamiyah Tahlil Remaja dilaksanakan setiap Kamis malam, 3) Jamiyah Dhiba' diikuti oleh perempuan dewasa (para ibu) pada Rabu malam, dan 4) Jam'iyah Istighatsah diikuti oleh laki-laki dewasa (para bapak) pada Minggu malam.

5. Menjenguk warga yang sakit
Kepedulian terhadap orang sekitar merupakan salah satu hal yang penting dalam bermasyarakat. Salah satu contoh yang sering terjadi di Desa Kediren adalah menjenguk orang yang sedang sakit, baik di rumah tinggalnya maupun di rumah sakit.

6. Plandang
Kegiatan ini merupakan tradisi khas warga Desa Kediren -dan sekitarnya- yang berwujud membantu tetangga yang sedang menggelar hajatan, umumnya pernikahan dan khitanan. Bagi warga, plandang adalah ekosistem yang dapat menumbuhkan empati dan simpati serta menjadi bukti kesadaran warga untuk saling membantu tetangga tanpa pamrih./bas